5 Makanan Bernutrisi Untuk Kesehatan Mata

Seperti yang kita ketahui, apa yang kita makan dapat memengaruhi kualitas kesehatan kita dengan cara yang bermanfaat. Pola makan yang sehat dan seimbang dapat memberi energi pada tubuh kita, yang tentunya melindungi kita dari segala penyakit kronis seperti : serangan jantung, diabetes, atau bahkan kanker yang menyerang bagian fatal tubuh kita. Satu hal yang jarang sekali kita rawat dalam hal pemberian nutrisi, yaitu mata. Dengan kita mengkonsumsi nutrisi yang baik untuk mata dapat membantu kita mengurangi resiko terkena katarak atar penyakit mata.

Menurut National Eye Institute, 36.5 juta orang Amerika dipengaruhi oleh beberapa jenis penyakit mata. Jenis utama termasuk degenerasi makula terkait usia (AMD), glaukoma, retinopati diabetikum, katarak, dan kesalahan refraksi. Setiap tahun ekonomi Amerika mencapai $139 miliar yang disiapkan untuk membayar perawatan medis akibat penyakit mata. Statistik ini memprihatinkan karena kita mengandalkan indera penglihatan untuk mengalami dunia di sekitar kita.

Tidak berhenti di situ saja, sebuah lembaga survey di Amerika memprediksi bahwa pada tahun 2030, ada sekitar 4.3 juta orang Amerika akan terkena glaukoma dibandingkan dengan 2.7 juta yang saat ini memilikinya pada tahun 2019.

Merawat diri sendiri untuk memastikan kita mempertahankan tujuan kesehatan kita sangat penting. Jadi, makanan apa yang harus kita konsumsi untuk membantu menjaga mata kita dengan baik dan sehat, berikut tips dan sarannya :

Ikan berlemak
Ikan berlemak mengandung asam lemak omega 3 esensial seperti DHA, yang direkomendasikan untuk mata kering dan membantu mengembalikan dukungan struktural membran mata. Contoh ikan berlemak dengan DHA termasuk sarden, mackerel, tuna dan salmon. Yang terbaik adalah memasukkan ikan berlemak 2-3 kali per minggu untuk mendapatkan asam lemak Omega 3 yang cukup.

Sayuran Berdaun Hijau
Menjadikan sayuran bagian dari makanan kita sangatlah penting. Makan sayuran hijau berdaun gelap seperti bayam dan kangkung bermanfaat karena diisi dengan karoten seperti lutein dan zeaxanthin. Karotenoid ini melindungi mata kita dari matahari dan dari cahaya biru yang sangat membahayakan mata.

Buah-buahan
Buah-buahan kaya akan vitamin A, C, E, dan beta karoten. Nutrisi ini secara khusus penting untuk penglihatan di siang hari dan dapat ditemukan dalam labu, ubi ataupun buah blewah.

Telur
Telur mengandung komponen yang melindungi lensa mata. Komponen pelindung ini termasuk sistein, belerang, lesitin, asam amino dan juga lutein.

Kedelai
Produk kedelai mengandung asam lemak esensial, fitoestrogen, vitamin E, dan agen antiinflamasi alami yang berfungsi melindungi mata dengan baik.

Maka ketika ingin berbelanja berbagai nutrisi untuk kebutuhan tubuh kita, simpanlah daftar praktis ini di benak kita. Memasukkan makanan ini ke dalam makanan kita bisa menjadi tantangan yang menyenangkan sambil meningkatkan kualitas serta kesehatan penglihatan kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *